TRAVELLING OF THE YEAR: 2017

January 24, 2018


Supaya afdol, saya bakal tetep nulis soal Traveling of The Year di 2017. Walaupun udah telat sih secara sekarang sudah masuk 2018, tapi daripada merasa masih ngutang jadi tetep saya tulis aja deh! Hehehe. Sekalian aja ini bisa jadi pembantu saya buat mengingat hal-hal yang saya dapetin selama jalan-jalan.

Di 2017 saya nggak banyak jalan kemana-mana sih. Rencana sailing di Labuan Bajo akhirnya gagal total padahal sudah semangat atur jadwal dari awal tahun. Akhirnya banyak keliling di Jakarta aja deh, plus saya lagi mengganyang jalan-jalan tanpa mall sama beberapa teman saya. Dengan begitu saya jadi bisa nyoba tempat makan atau minum kopi yang belum pernah saya datangi, ke museum yang udah lama nggak saya kunjungi, dan banyak lagi deh! Walau ujung-ujungnya tetep banyak ke mall juga sih. Hahaha.

Jadi, travelling of the year-nya 2017 itu trip kemana siiih?
Tadaaaaa! Ini dia,
Pulau Bangka!



Walaupun super deketan dengan Pulau Belitung, tapi bisa dibilang keduanya cukup berbeda. Kalau Pulau Belitung memang sudah terkenal banget sama pantai-pantai dan tempat wisata lainnya, Pulau Bangka memang masih terbilang jauh dari itu. Walau sama-sama punya banyak pantai dengan batu-batu besar dan juga danau-danau kaolin, tapi Pulau Bangka memang belum punya hype wisata sebesar dan seberkembang Pulau Belitung.  Loh, terus ngapain dong ke Pulau Bangka?

Pulau Bangka ini basically adalah kehidupan ‘kota’-nya Bangka Belitung. Eh, jangan bayangin kota seperti Jakarta ya! Kota disana memang masih cukup sederhana. Fasilitas umumnya walau sudah bagus-bagus tapi memang belum banyak. Belum bisa berharap deh sama transportasi publiknya. Tapi kalo sama makannya apalagi kalau penggemar Chinese food dan makanan non-halal sih bisa banget! Hehehe.

Jadi, ada cerita apa sih di Bangka sampai jadi Travelling of The Year di 2017?



Selama di Bangka rasanya itu jarum jam bergerak lamaaa banget. Udah keliling-liling kota, berhenti buat makan di beberapa tempat, berkunjung ke rumah orang, bahkan sampai iseng keluar masuk supermarket, ternyata paling-paling cuma ngabisin waktu tiga jam lewat sedikit. Leyeh-leyeh di pantai atau pergi ke beberapa tempat wisata juga paling sudah membuat saya sampai di rumah sebelum jam lima sore. Disana ngga ada macet, bahkan jarak Jakarta-Tanggerang bisa selesai dalam kurang dari 30 menit. Jam 6 sore semua orang seperti sudah di rumah dan siap-siap tidur.

Karena saya disana tinggal untuk kurang lebih satu minggu, di hari keempat atau kelima saya udah stress mau ngapain lagi. Bahkan saya sampai nyuci baju, nyabutin rumput, nyapu ngepel dan lap-lap kaca rumah abang saya setiap hari supaya ada kerjaan eh taunya semua selesai sebelum jam sepuluh pagi. Duh, ini hari masih panjang banget loh dan saya udah bingung mau ngapain lagi! Mau nggak mau hiburan saya cuman dua, makan dan tidur.

Hal ini mulai bikin saya pengen pulang ke Jakarta secepatnya. Saya bosan. Saya kangen macet, berisik, pulang larut dan langsung tidur karena sudah terlalu capek, atau bahkan udara yang sesak. Untuk orang yang biasa tinggal dalam hingar bingar kota besar, Pulau Bangka memang sangat apa adanya. Cantik, namun terlalu sederhana. Saya mulai berpikir, apa orang-orang disini memang hidup dengan cara seperti ini? Kok kelihatannya easy banget, kelihatannya terlalu less stress.

Sampai akhirnya saya pulang dan sampai  di Jakarta. Mulai keluar dari area bandara Soekarno-Hatta, ntah bagaimana saya menjadi kaget melihat situasi kehidupan di Jakarta. Dibandingkan dengan kehidupan Pulau Bangka yang saya tinggali selama semiggu itu, Jakarta sangat.…. rumit. Saya baru menyadari bahwa sadar atau tidak, terkadang Jakarta menggiring saya untuk lupa menjadi manusia. Terlalu silau dengan gaya hidup, terlalu memilih sibuk daripada produktif, terlalu ambisius mengisi pundi-pundi, bahkan menjadi terlalu congkak. Sampai-sampai selama di Bangka, saya gagal paham pada kebaikan sederhana yang sedang pulau itu tawarkan. Pulau Bangka mengingatkan saya pada kemewahan yang sudah luput dari mata. Tidur lebih cepat, makan lebih sering, bekerja lebih banyak, dan bernafas lebih dalam.


Anyway, selamat menikmati 2018!


You Might Also Like

0 comments

Instagram

Follow Us